Air Products Home

News ReleaseAir Products berinvestasi $2 Miliar sebagai Tonggak Penting Proyek Batubara menjadi Metanol di Indonesia

Air Products Membangun, Memiliki dan Mengoperasikan Fasilitas-fasilitas serta Memasok Metanol dengan kontrak jangka Panjang, Memungkinkan Konversi Sumber Daya Alam menjadi Produk bernilai Lebih Tinggi

18/05/2020 JAKARTA, Indonesia

Air Products (NYSE: APD) mengumumkan telah menanda tangani perjanjian definitif untuk kontrak on-site atas fasilitas produksi batubara menjadi metanol di Bengalon, Kalimantan Timur, Indonesia.

Dengan kontrak on-site jangka panjang tersebut, PT. Bakrie Capital Indonesia, bagian dari Bakrie Group, dan PT. Ithaca Resources, bagian dari PT. AP investment, akan memasok Batubara sebagai bahan baku dan telah memberikan komitmen untuk membeli produk metanol serta menjualnya di dalam wilayah Indonesia. Air Products akan berinvestasi sekitar US$ 2 Miliar untuk membangun, memiliki dan mengoperasikan unit pemisahan udara, gasifikasi, pemurnian syngas, utilitas dan peralatan konversi metanol untuk menghasilkan metanol bagi Bakrie dan Ithaca. Fasilitas yang dibangun – termasuk teknologi Syngas Solutions™ Gasifikasi Bahan Baku Kering yang menjadi Hak Milik Air Products – memungkinkan produksi metanol mendekati dua juta ton per tahun (TPY) dengan konsumsi batubara mendekati enam juta ton per tahun (TPY). Proyek ini diharapkan akan beroperasi pada 2024.

Seifi Ghasemi, Chairman, President dan CEO Air Products, mengatakan, “Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, berkomitmen untuk mengurangi impor energi dan mengubah sumber daya alam batubara secara efisien menjadi produk bernilai tinggi. Kami bangga dipercaya mendapatkan proyek gasifikasi skala dunia ini, dimana kami akan menggunakan modal, teknologi dan keahlian operasional guna membantu Indonesia mencapai tujuan tersebut. Hal ini menjadi contoh lain pada strategi jangka panjang Perusahaan dalam memberdayakan modal yang dimiliki untuk proyek-proyek gas industri strategis dengan pengembalian yang tinggi.   

Dr. Samir Serhan, Executive Vice President Air Products, menambahkan, “Kompetensi utama kami adalah kemampuan dalam mengembangkan, menjalankan dan mengoperasikan fasilitas-fasilitas proses yang rumit yang bisa membantu pelanggan kami menciptakan mesin pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial. Kami berharap dapat mendukung Bakrie dan Ithaca dalam mega proyek sebagai pengubah keadaan, dengan menghasilkan metanol untuk konsumsi domestik dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.”

Adika Nuraga Bakrie, sebagai CEO PT. Bakrie Capital, bersama dengan Agoes Projosasmito, Presiden Direktur PT. Ithaca Resources, mengatakan,”Kami sangat bangga bisa bekerjasama dalam proyek strategis ini dengan Air Products, sebagai pemimpin dalam gasifikasi batubara di dunia. Sejalan dengan Presiden Joko Widodo dan rencana Pemerintah Indonesia, merupakan momentum yang bagus untuk proyek ini, dengan menghasilkan metanol bernilai tinggi dari cadangan batubara berkalori rendah. Selanjutnya, kami sangat terdorong atas dukungan dari Pemerintah untuk membangun teknologi canggih dan menghasilkan produk di wilayah Timur Indonesia, yang akan memberikan kontribusi terhadap keseluruhan pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.
 
Air Products terus melanjutkan kepemimpinan dalam proyek gasifikasi di seluruh dunia. Selain proyek ini di Indonesia, Air Products sedang menjalankan beberapa proyek gasifikasi di China serta proyek Jazan di Saudi Arabia. 

Tentang Air Products

Air Products (NYSE:APD) sebagai Perusahaan gas industri terkemuka di dunia yang telah beroperasi selama hampir 80 tahun. Fokus dalam melayani bidang energi, lingkungan dan pasar yang berkembang, Perusahaan menyediakan produk gas ndustri yang penting, peralatan yang berkaitan dan keahlian aplikasi teknis bagi pelanggan di berbagai sektor industri, termasuk pemurnian, kimia, logam, elektronik, pengolahan,serta makanan dan minuman. Air Products juga sebagai pemimpin global dalam memasok teknologi dan peralatan proses untuk menghasilkan gas alam cair. Perusahaan mengembangkan, merekayasa, membangun, memiliki dan mengoperasikan beberapa proyek gas industri terbesar di dunia, termasuk proyek gasifikasi untuk mengubah sumber daya alam yang berlimpah menjadi syngas guna menghasilkan listrik, berbagai bahan bakar dan bahan kimia. 

Perusahaan dalam tahun fiskal 2019 membukukan penjualan $8.9 miliar dari operasi di 50 negara dengan kapitalisasi pasar saat ini sekitar $50 miliar. Lebih dari 17.000 karyawan yang bersemangat, berbakat dan berkomitmen dengan latar belakang yang beragam serta didorong oleh tujuan yang tinggi dari Air Products untuk menciptakan solusi inovatif yang bermanfaat bagi lingkungan, meningkatkan kesinambungan dan menjawab tantangan yang dihadapi pelanggan, komunitas, dan dunia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi airproducts.com atau ikuti kami di LinkedIn, Twitter, Facebook or Instagram


Tentang Bakrie Group and AP Investment
Bakrie Group adalah salah satu korporasi terkemuka di Indonesia. Pendekatan portofolio Investasinya adalah dalam menguasai potensi bisnis, mengembangkan sinergi bisnis jangka panjang, dan merancang serta melaksanakan strategi penciptaan nilai. Aktifitas bisnisnya telah berkembang termasuk perdagangan umum, pengolahan, jasa konstruksi, agrobisnis, pertambangan (batubara dan mineral), minyak & gas, dan media telekomunikasi. Bakrie Group juga berpartisipasi dalam upaya pembangunan infrastruktur strategis di sector energi dan transportasi. Diversifikasi bisnis ini telah membuka peluang bagi Perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Bakrie Group melalui PT. Bumi Resources Tbk (IDX:BUMI) mengoperasikan dua fasilitas pertambangan batubara, PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT. Arutmin Indonesia (Arutmin), dan PT. AP Invesment melalui PT. Ithaca Resources juga mempunyai beberapa perijinan pertambangan batubara, termasuk PT. Kaltim Nusantara Coal (KNC). Gasifikasi batubara yang akan dibangun dalam kerjasama ini dirangcang untuk mengkonversi batubara menjadi syngas untuk produksi methanol dari batubara yang dipasok oleh KPC dan KNC.

CATATAN: Rilis ini dapat berisi pernyataan prediksi masa depan yang masih sesuai ketentuan safe harbor atas Private Securities Litigation Reform Act of 1995. Pernyataan prediksi masa depan  didasarkan pada harapan dan asumsi yang wajar dari manajemen pada saat rilis disampaikan terhadap faktor-faktor resiko yang penting. Kinerja aktual dan hasil keuangan dapat berbeda secara material dari proyeksi dan perkiraan yang disampaikan dalam pernyataan prediksi masa depan karena banyaknya faktor yang tidak bisa diantisipasi oleh manajemen, termasuk faktor-faktor resiko yang diuraikan dalam Form 10K dari Perusahaan untuk tahun fiskal Perusahaan yang berakhir 30 September 2019.

Downloads

|

Informasi Kontak

  • Press Contact
    Katie McDonald
    610-481-3673
    Air Products and Chemicals, Inc.
    7201 Hamilton Boulevard
    Allentown, PA 18195-1501
    USA
    (610) 481-6642
  • Investor Contact
    Simon Moore
    (610) 481-7461
    Air Products and Chemicals, Inc.
    7201 Hamilton Boulevard
    Allentown, PA 18195-1501
    USA
    (610) 481-2729
Terjadi kesalahan, perbaiki kolom yang disorot.
To request a quote or for more information about Air Products, please fill out the form below, and an Air Products representative will contact you shortly.
Please use the form below to contact us.

Apa yang dapat kami jawab untuk Anda?

  1. Pertanyaan tentang apa?

X

This site uses cookies to store information on your computer. Some are essential to make our site work; others help us to better understand our users. By using the site, you consent to the placement of these cookies. Read our Legal Notice to learn more.

Close